Kategori
Shopping

Berikut Hal yang Harus Kamu Hindari saat Belanja Online

Berikut Hal yang Harus Kamu Hindari saat Belanja Online

Berikut Hal yang Harus Kamu Hindari saat Belanja Online – Belanja daring adalah kegiatan pembelian barang dan jasa melalui media Internet. Melalui belanja lewat Internet seorang pembeli bisa melihat terlebih dahulu barang dan jasa yang hendak ia belanjakan melalui web yang dipromosikan oleh penjual.

Kegiatan belanja daring ini merupakan bentuk komunikasi baru yang tidak memerlukan komunikasi tatap muka secara langsung, melainkan dapat dilakukan secara terpisah dari dan ke seluruh dunia melalui media notebook, komputer, ataupun handphone yang tersambung dengan layanan akses Internet.

Banyak e-commerce yang berlomba-lomba untuk menarik perhatian pembeli. Salah satu momen serentak yang biasanya digunakan untuk berebut poker deposit pulsa 10rb pembeli adalah pada 12 Desember atau biasanya disebut dengan promo 12.12.

Sebelum kamu memutuskan untuk menjadi pembeli 12.12, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar tidak melakukan kesalahan saat berbelanja nanti.

1. Belanja banyak demi cashback
Menuju 12.12, Ini 5 Hal yang Harus Kamu Hindari saat Belanja Online

Cashback adalah hadiah berupa uang atau poin yang diberikan oleh sebuah perusahaan kepada seseorang yang melakukan pembelian di perusahaannya. Program cashback yang diberikan saat belanja online kebanyakan berupa poin. Ini juga menjadi salah satu cara efektif untuk menarik perhatian pembeli.

Namun, kamu tetap harus memperhatikan cashback yang diberikan sebelum memutuskan untuk berbelanja. Meskipun cashback yang diberikan nilai maksimalnya besar, tetap saja biasanya presentasenya antara 1 hingga 5 persen saja.

Misalkan saja nih, kamu membeli suatu produk yang harganya 100 ribu rupiah. Cashback yang diberikan maksimal 50 ribu rupiah dengan presentase 3 persen dari pembelian. Ini bukan berarti kamu mendapatkan hadiah 50 ribu rupiah, melainkan hanya 3 persen dari harga beli produk kamu, yaitu 3 ribu rupiah.

2. Belanja untuk memenuhi keinginan, bukan kebutuhan
Menuju 12.12, Ini 5 Hal yang Harus Kamu Hindari saat Belanja Online

Produk yang dipromosikan pada 12.12 biasanya bermacam-macam. Dalam kondisi seperti ini, kamu harus pintar untuk menahan diri dari bermacam godaan promo. Jangan sampai kamu membelanjakan uang untuk sesuatu yang sebenarnya bukan sedang kamu butuhkan. Simpan uangmu, siapa tahu tiba-tiba kamu memerlukannya di saat keadaan mendesak.

3. Mengejar diskon
Menuju 12.12, Ini 5 Hal yang Harus Kamu Hindari saat Belanja Online

Diskon yang besar memanglah sangat menggiurkan. Meskipun besar, kamu tetap saja harus membandingkan harga produk tersebut di lapak lain. Di tampilannya diskon 50 persen, tetapi bisa saja barang yang sama malah harganya lebih murah di toko online sebelah. Jangan sampai menyesal karena gak membandingkan harga terlebih dahulu.

4. Tidak memperhatikan ongkos kirim
Menuju 12.12, Ini 5 Hal yang Harus Kamu Hindari saat Belanja Online

Meskipun sepele, memperhitungkan ongkos kirim merupakan salah satu hal yang penting saat berbelanja online. Karena tergiur promo 12.12, jangan sampai kamu memasukkan banyak barang dan melupakan ongkos kirim. Beberapa jualan online menjual barang-barang yang berat. Semakin berat barang yang dibeli, maka ongkos kirimnya pun semakin mahal. Bisa-bisa ongkos kirimnya malah lebih mahal dari barang yang dibeli.

5. Lagi gak ada duit dan memutuskan untuk pakai cicilan
Menuju 12.12, Ini 5 Hal yang Harus Kamu Hindari saat Belanja Online

Para e-commerce terus meningkatkan fiturnya masing-masing. Bahkan, beberapa e-commerce sudah bisa melakukan transaksi dengan dicicil. Saat promo sedang besar-besaran sementara dompet maupun rekening mu sedang kering, jangan memutuskan untuk membeli barang dengan dicicil.

Pertimbangkan terlebih dahulu keuangan mu dan bunga yang harus dibayar. Apa kamu yakin bisa mencicilnya untuk batas waktu yang ditentukan?

Demikian lima hal yang harus kamu perhatikan saat berbelanja online. Pertimbangkan baik-baik sebelum memutuskan membeli sesuatu. Jangan sampai menyesal di kemudian hari.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *